Pertukaran Mahasiswa

Melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.

Pertukaran Mahasiswa merupakan salah satu bentuk dari Program MBKM yang sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Pasal 15 Ayat 1. Pertukaran mahasiswa diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 yakni menghargai keanekaragaman budaya, pendangan agama, dan kepercayaan sera pednapat atau temuan orisinal orang lain, serta bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masayarakat dan lingkungan.

Pertukaran mahasiswa dibagi dalm 3 konsep yakni pertukaran mahasiswa lintas prodi dalam universitas, pertukaran mahasiswa sesama prodi luar universitas, dan pertukaran mahasiswa lintas prodi luar universitas. Ketiga konsep tersebut mewadahi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Mahasiwa diberikan hak untuk bebas menentukan matakuliah apa yang ingin diikutinya berdasarkan pada kerjasama yang dimiliki program studi dan capaian matakuliah yang ada pada program studi. Oleh sebab itu, komunikasi antara dosen dan mahasiswa baik dosen wali atau tim structural dalam program studi dengan mahsiswa sangat diperlukan. Hal tersebut dibutuhkan guna mendampingi mahasiswa memperoleh kebermanfaatan dalam kegiatan pertukaran mahasiswa.

Alur Program Pertukaran Mahasiswa berlangsung selama satu semester:
1. Pendaftaran Tanggal 25 – 29 Agustus 2021
2. Pengumuman kelulusan:
a. Administrasi 30 Agustus 2021
b. Seleksi kompetensi 2 September 2021
3. Persyaratan:
a. Mahasiswa aktif prodi BK
b. Tidak sedang / pernah menjalani sanksi akademik
c. IPK minimal 3,00
d. Tidak sedang mengabil kegiatan MBKM lain
e. Mengisi form pendftaran
4. Pelaksanaan sesuai dengan kalender akademik perguruan tinggi mitra

DOWNLOAD LAMPIRAN REKOMENDASI DOSEN KLIK DISINI

DAFTAR DENGAN KLIK DISINI