Jam Operasional Senin s/d Jumat 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami +62 812-5928-9899 +62 812-3444-082
Email Kami konselingunipasby@gmail.com

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Sebagai Program Studi Bimbingan dan Konseling, tentu Prodi BK UNIPA Surabaya menyajikan layanan program Bimbingan dan Konseling yang profesional diperuntukkan semua kalangan mulai dari mahasiswa, karyawan universitas, sampai masyarakat yang ada di sekitar universitas juga dapat mengikuti layanan prodi BK ini.

Berikut ini merupakan Panduan Operasional Baku (POB) untuk layanan bimbingan dan konseling yang ada di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

PANDUAN OPERASIONAL BAKU (POB)

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A. LATAR BELAKANG

Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan didasarkan pada kebutuhan civitas akademika dan masyarakat. Kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan studi sangat dipengaruhi oleh kondisi psikis yang dimiliki oleh mahasiswa. Seringkali terjadi bahwa pemasalahan mahasiswa dalam menyelesaikan studi bukan hanya masalah-masalah yang terkait dengan kondisi kognitif, tetapi justru disebabkan oleh masalah-masalah emosi.

Penanganan masalah-masalah terkait dengan emosi membutuhkan penanganan yang intensif, oleh karena itu dibutuhkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki komitmen tinggi untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa. Tenaga atau personil yang ditempatkan dalam layanan bimbingan dan konseling ini memiliki kompetensi standar untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.

Untuk mengembangkan salah satu pilar tri darma perguruan tinggi, maka layanan bimbingan dan konseling juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan dengan dasar pemikiran bahwa masyarakat (stakeholder) memiliki andil yang sangat besar bagi pengembangan UNIPA Surabaya, sehingga selayaknya mendapatkan imbal balik yang baik. Selain itu, masalah-masalah yang dialami oleh masyarakat dapat dipergunakan sebagai wahana menajamkan kemampuan tenaga profesional BK yang dimiliki oleh UNIPA Surabaya.

 

B. VISI

Visi LBK UNIPA Surabaya adalah turut berperan aktif dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia civitas akademika, khususnya mahasiswa agar mampu berpikir positif, mandiri dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan global serta memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan fungsi dan kewenangannya, untuk tercapainya kesejahteraan hidup.

 

C. MISI

  1. Meningkatkan kualitas SDM civitas akademika khususnya mahasiswa
  2. Mengembangkan potensi mahasiswa secara optimal
  3. Menanamkan dan memantapkan nilai-nilai budaya bangsa kepada mahasiswa
  4. Mengembangkan ilmu, teknik serta seni bimbingan dan konseling
  5. Menerapkan temuan ilmu, teknik serta seni bimbingan dan konseling
  6. Mengamalkan kode etik profesional bimbingan dan konseling

 

D. TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai Layanan Bimbingan dan Konseling UNIPA Surabaya adalah membantu:

  1. Menemukan dan mengembangkan potensi mahasiswa (bakat, minat, kemampuan) secara maksimal;
  2. Mencapai prestasi belajar  mahasiswa secara optimal dan menyelesaikan studi tepat waktu;
  3. Memecahkan permasalahan hidup mahasiswa atau masyarakat yang membutuhkan secara mandiri;
  4. Mengembangkan pribadi mahasiswa atau masyarakat secara utuh sehingga dapat mandiri dan bertanggungjawab dalam bidang pendidikan dan pekerjaan;
  5. Meningkatkan mutu pelayanan bimbingan dan konseling; dan
  6. Meningkatkan dan mengembangkan berbagai bidang BK melalui penelitian dan pengembangan ilmu.

 

E. FUNGSI

Layanan Bimbingan dan konseling UNIPA Surabaya memiliki empat fungsi yaitu:

  1. Memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling kepada mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan;
  1. Memberikan pelatihan di bidang Bimbingan dan Konseling kepada civitas akademika;
  2. Memberikan pelatihan di bidang Bimbingan dan Konseling kepada masyarakat umum, termasuk sekolah dan perguruan tinggi; dan
  3. Mengadakan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang Bimbingan dan Konseling.

 

F.     PELAYANAN YANG DILAKSANAKAN

  • Bagi Mahasiswa

1.Masalah kesulitan belajar

1)      tuntutan cara belajar yang efisien

2)      mengatasi kesulitan belajar

3)      membagi waktu antara kegiatan akademik dan non akademik

2. Masalah kesulitan pribadi

1)      mengatasi kecemasan, rasa takut dan gangguan perasaan lain

2)      mengatasi gangguan pikiran, perasaan dan kemauan

3. Masalah kesulitan sosial

1)      mengatasi kesulitan masalah pergaulan sosial pada umumnya baik di dalam atau di luar kampus

2)      mengatasi kesulitan pergaulan dengan lawan jenis

3)      mengatasi kesulitan pergaulan dengan sesama kawan

4)      mengatasi kesulitan dalam berhubungan dengan dosen

4. Masalah yang berhubungan dengan masa depan

1)      perencanaan studi mahasiswa

2)      kemungkinan memperoleh lapangan pekerjaan

3)      kemungkinan memperoleh pasangan hidup

  • Bagi karyawan UNIPA Surabaya dan keluarganya

1.Masalah pekerjaan

1)      penyesuaian diri dengan tugas-tugas

2)      penyesuaian diri dengan kawan sejawat, atasan dan bawahan

2. Masalah keluarga

1)      kehidupan dengan suami/isteri

2)      kehidupan dengan anak-anak

3)      masalah yang terkait dengan ekonomi, masyarakat dll.

3. Masalah pribadi

Masalah-masalah yang terkait dengan pikiran, emosi serta kemauan yang dimiliki oleh karyawan dan keluarga.

 

  • Bagi masyarakat umum

Masalah-masalah yang terkait dengan masalah pendidikan, pekerjaan, keluarga atau kesulitan pribadi.

 

G. WAKTU/TEMPAT PEMBERIAN LAYANAN

Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan pada hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-13.00 WIB. Tempat layanan adalah ruang konseling Gedung B Lantai 2 Kampus UNIPA Jl. Ngagel Dadi III b/37 Surabaya. Hari Jum’at merupakan hari yang ditetapkan untuk kegiatan rapat dan koordinasi program studi Bimbingan dan Konseling.

H. PERSYARATAN MEMPEROLEH LAYANAN

  • Bagi mahasiswa dan karyawan UNIPA Surabaya beserta keluarga
  1. Bimbingan dan Konseling tanpa dipungut biaya
  2. Bimbingan dan konseling diberikan oleh pembimbing/konselor yang dipilih oleh Konseli
  3. Bimbingan dan konseling dilaksanakan di kantor LBK (Gedung B lantai 2. Kampus UNIPA Surabaya Jl. Ngagel Dadi III b/37 Surabaya)
  • Bagi masyarakat di luar UNIPA Surabaya
  1. Bimbingan dan konseling dilaksanakan di kantor LBK (Gedung B. Lantai 2. Kampus UNIPA Surabaya Jl. Ngagel Dadi IIIB/37 Surabaya)
  2. Dipungut biaya sesuai dengan ketentuan.

I. LAYANAN TESTING

Layanan testing ini mempergunakan alat khusus, sehingga bagi pengguna baik mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum akan dipungut biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

J. PROSEDUR MEMPEROLEH LAYANAN

  1. Datang di LBK UNIPA Surabaya dan mendaftarkan diri pada petugas
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kembali kepada petugas
  3. Pemberian bimbingan dilakukan oleh pembimbing/konselor yang dipilih sesuai dengan jadwal tugas di LBK atau sesuai dengan kebutuhan mahasiswa
  4. Proses pemberian bimbingan dan konseling sesuai dengan masalah
  5. Dalam memberikan bimbingan dan konseling, konselor dapat bekerja sama dengan dosen Penasihat Akademik atau lembaga terkait sesuai dengan kebutuhan dan atas persetujuan Konseli
  6. Rujukan dari Fakultas, maka yang bersangkutan harus membawa surat rujukan

K. PELAKSANAAN PEMBERIAN LAYANAN

  • Pendekatan
  1. Individual
  2. Kelompok/klasikal
  3. Melalui papan bimbingan dan konseling
  4. Kotak masalah
  • Jenis layanan
  1. Orientasi dan informasi
  2. Pembelajaran
  3. Penempatan dan penyaluran
  4. Konseling individual
  5. Konseling kelompok
  6. Pengabdian kepada masyarakat (tes psikologis, pelatihan dan seminar)
  7. Evaluasi, tindak lanjut, penelitian dan pengembangan ilmu.

 

L. KERAHASIAAN LAYANAN

Persoalan yang dikonsultasikan baik secara individu maupun kelompok dijamin kerahasiannya, tidak diketahui oleh orang lain tanpa kesepakatan dengan Konseli atau terbimbing instrumentasi.

M. SEKSI-SEKSI LBK

1 Seksi 1 : Layanan orientasi, Informasi dan pengumpulan data
2 Seksi 2 : Layanan Konseling pribadi/kelompok, bimbingan pribadi/ kelompok
3 Seksi 3 : Layanan bimbingan belajar, sosial
4 Seksi 4 : Layanan bimbingan karir, bursa kerja khusus
5 Seksi 5 : Layanan pengabdian kepada masyarakat
6 Seksi 6 : Layanan evaluasi, tindak lanjut, penelitian dan pengembangan ilmu

 

N. PERSONALIA

1 Penanggungjawab Rektor UNIPA Surabaya
2 Penasehat Warek I, II dan III UNIPA Surabaya
3 Kepala LBK Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd
4 Sekretaris Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd
5 Konselor 1.      Drs. Hartono, M.Si

2.      Dra. Kusbandiami,. M.Pd

3.      Boy Soedarmadji, M.Pd

4.      Mudhar, S.Psi., M.Si

5.      Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd

6.      Muwakhidah, S.Pd., M.Pd

7.      Cindy Asli Pravesti, S.Pd., M.Pd

8.      Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd

9.      Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Instagram
Follow by Email
Facebook
Facebook
SHARE
%d bloggers like this: